SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
Sistem Informasi Manajemen: Pengertian, Fungsi, Tujuan, Manfaat, dan Contohnya

Pengertian Sistem Informasi Manajemen
Daftar isi
Apa yang dimaksud dengan sistem informasi manajemen (SIM)? Pengertian Sistem Informasi Manajemen adalah suatu
sistem perencanaan di dalam perusahaan yang melibatkan pengendalian
internal seperti pemanfaatan sumber daya, dokumen, teknologi, dan
akuntansi manajemen sebagai salah satu strategi dalam bisnis.
Pada
intinya, sistem informasi manajemen dalam bisnis atau perusahaan
bertujuan untuk mengumpulkan, memproses, menyimpan hingga menganalisa
informasi dan kemudian disebarkan untuk tujuan yang spesifik.
Manajemen
sistem informasi berguna sebagai acuan untuk pengambilan keputusan
dalam sebuah organisasi atau perusahaan. Lebih dalam tentang manajemen
sistem informasi, tujuan, fungsi dan contoh penerapannya dalam bisnis
akan dibahas secara lengkap dalam artikel ini.
Artikel terkait:
Beberapa ahli di bidang ilmu manajeman pernah menjelaskan mengenai definisi sistem informasi manajemen, diantaranya adalah:
1. Raymond McLeod Jr
Menurut
Raymond McLeod Jr, pengertian Sistem Informasi Manajemen adalah suatu
sistem berbasis komputer yang menyediakan informasi bagi beberapa
pengguna yang memiliki kebutuhan yang sama.
Informasi
tersebut menjelaskan perusahaan atau salah satu sistem utamanya tentang
apa yang telah terjadi di masa lalu, apa yang sedang terjadi sekarang,
dan apa yang mungkin terjadi di masa depan.
2. Nash dan Robert
Menurut
Nash dan Robert, pengertian sistem informasi manajemen adalah kombinasi
dari user/orang, teknologi, media, prosedur, dan juga pengendalian,
yang memiliki tujuan tertentu.
Tujuannya
adalah untuk mendapatkan jalur komunikasi, memproses tipe transaksi,
dan memberi sinyal kepada manajemen terhadap kejadian di internal suatu
organisasi/ perusahaan.
3. Bodnar dan Hopwood
Menurut Bodnar dan Hopwood, pengertian sistem informasi manajemen adalah kumpulan dari perangkat keras/ hardware (baca: Pengertian Hardware) maupun perangkat lunak/ software untuk mentransformasikan data ke dalam suatu bentuk informasi yang lebih berguna.
4. James O’Brien
Menurut
James O’Brien, pengertian sistem informasi manajemen adalah kombinasi
dari setiap unit yang dikelola oleh user atau manusia, hardware,
software, jaringan komputer dan jaringan komunikasi data, dan juga
database yang mengumpulkan, mengubah, dan menyebarkan informasi tentang
suatu organisasi.
5. James AF Stoner
Menurut
James AF Stoner, pengertian sistem informasi manajemen adalah metode
formal yang memberikan pihak manajemen sebuah informasi yang tepat
waktu, dapat dipercaya, dan dapat mendukung proses pengambilan keputusan
bagi perencanaan, pengawasan, serta fungsi operasi sebuah organisasi
yang lebih efektif.
6. Danu Wira Pangestu
Menurut
Danu Wira Pangestu, definisi sistem informasi manajemen (SIM) adalah
kumpulan dari interaksi sistem-sistem informasi yang bertanggung jawab
mengumpulkan dan mengolah data untuk menyediakan informasi yang berguna
bagi semua tingkatan manajemen di dalam kegiatan perencanaan dan
pengendalian.
7. Gordon B. Davis
Menurut
Gordon B. Davis, definisi sistem informasi manajemen adalah sebuah
sistem yang terintegrasi antara manusia dan mesin yang mampu memberikan
informasi sedemikian rupa untuk menunjang jalannya operasional,
manajemen, dan fungsi pengambilan keputusan di dalam sebuah organisasi/
perusahaan.
8. Azhar Susanto
Menurut
Azhar Susanto, sistem informasi manajemen adalah kumpulan/ group dari
sub sistem/ komponen apapun, baik fisik maupun non fisik yang saling
berkaitan satu sama lain dan memiliki fungsi dalam hal pengevaluasian,
pengendalian dan perbaikan berkelanjutan.
9. Joel D. Aron
Menurut
Joel D. Aron, pengertian sistem informasi manajemen adalah sebuah
sistem informasi yang memberikan informasi/ data yang dibutuhkan oleh
seorang manajer dalam mengambil keputusan.
Baca juga: Pengertian Manajemen KomunikasiTujuan Sistem Informasi Manajemen

Sesuai
dengan penjelasan di atas, sebagai salah satu bentuk strategi di dalam
internal perusahaan maka penerapan manajemen sistem informasi memiliki
beberapa tujuan dan fungsi berikut ini:
- Pengumpulan data dapat menyediakan informasi yang bisa mendukung pengambilan keputusan.
- Informasi berguna dalam perencanaan, pengendalian, evaluasi dan juga perbaikan lanjutan.
- Sitem informasi bisa dipergunakan sebagai dasar untuk perhitungan harga produk, jasa maupun untuk tujuan lainnya sesuai yang diinginkan manajemen.
Fungsi Manajemen Sistem Informasi

Manajemen sistem informasi memiliki fungsi utama yang harus bermanfaat dalam operasional suatu organisasi, diantarannya:
- Mempermudah manajer untuk merencanakan, mengawasi, mengarahkan dan mendelegasikan pekerjaan kepada semua anggota tim melalui hubungan satu komando atau koordinasi.
- Data yang tersaji menjadi lebih efektif dan efisien serta lebih akurat dan tepat waktu.
- Dapat menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan produktivitas namun menurunkan biaya organisasi.
- Melalui sistem kerja yang terkoordinir dengan baik dan sistematis dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia.
Contoh Sistem Informasi Manajemen

Dalam
perusahaan yang besar dan sudah berdiri lama biasanya sistem informasi
sudah terstruktur dengan sangat baik dan sudah terprogram. Sistem
informasi manajemen mengatur bagaimana interaksi di dalam perusahaan
maupun perusahaan dengan lingkungan bisa bekerja sesuai dengan prosedur
yang berlaku, misalnya dalam sistem informasi produksi, sistem informasi
pemasaran maupun dalam kegiatan lainnya.
Beberapa contoh penerapan sistem informasi dalam perusahaan diantaranya:
1. Enterprise Resource Planning (ERP)
Perusahaan menggunakan sistem ERP
untuk mengelola dan melakukan pengawasan yang saling terintegrasi pada
unit bidang kerja accounting, keuangan, pemasaran, sumber daya manusia,
operasional dan pengelolaan persediaan.
2. Supply Chain Management (SCM)
Seperti
namanya, sistem informasi manajemen ini bergerak untuk menyajikan
data-data secara terintegrasi terkait suplai bahan baku, seperti
pemasok, produsen, pengecer hingga ke konsumen terakhir.
3. Transaction Processing Sytem (TPS)
Sebuah
program yang berguna untuk proses dalam jumlah yang besar dan terjadi
secara rutin. Biasanya diaplikasikan pada manajemen gaji dan investaris.
4. Office Automation System (OAS)
Sistem
informasi manajemen ini yang paling sering diterapkan baik pada
perusahaan besar maupun kecil yang berguna untuk melancarkan sistem
informasi melalui pengintegrasian server-server komputer dalam internal
perusahaan.
5. Informastic Management System (IMS)
Sistem
informasi manajemen ini berguna untuk mendukung spektrum tugas-tugas di
dalam perusahaan dan bisa digunakan untuk membantu pengambilan
keputusan. Dalam penerapannya, beberapa fungsi informasi disatukan
melalui program komputerisasi seperti e-procurement.
6. Knowledge Work System (KWS)
Sistem
informasi KWS ini akan mengintegrasikan satu pengetahuan baru ke dalam
perusahaan. Dengan pengetahuan baru tersebut, diharapkan para tenaga
ahli dapat menerapkannya dalam pekerjaan mereka.
7. Informatic Management System (IMS)
Sistem
informasi ini berfungsi untuk mendukung spektrum berbagai pekerjaan
dalam organisasi. IMS juga digunakan untuk membantu melakukan analisis
(baca: Pengertian Analisis) pembuatan keputusan, dan dapat menyatukan beberapa fungsi informasi program komputerisasi, seperti e-procurement.
8. Decision Support System (DSS)
DSS
dapat membantu para manajer dalam membuat keputusan dengan cara
mengamati lingkungan suatu organisaisi. Contohnya, Link Elektronik di
sekolah Tunas Bangsa, yang mengamati besar pendapatan atau pendaftaran
siswa baru setiap tahun.
9. Expert System (ES) dan Artificial Intelligent (A.I.)
Sistem
informasi manajemen yang satu ini pada dasarnya menggunakan kecerdasan
buatan untuk menganalisisi pemecahan masalah dengan menggunakan
pengetahuan tenaga ahli yang telah diprogram ke dalamnya. Contohnya,
sistem jadwal mekanik.
10. Executive Support System (ESS)
Sistem
ESS akan membantu manajer dalam hal berinteraksi dengan lingkungan
organisasi/ perusahaan dengan berpegang pada grafik dan pendukung
komunikasi lainnya.
Baca juga: Manajemen Perusahaan
Pada
intinya, sistem informasi manajemen adalah upaya perusahaan untuk
saling berkoordinasi melalui suatu sistem komputer yang dirangkai
sedemikian rupa sehingga bisa digunakan untuk mengumpulkan data-data dan
informasi secara lebih efisien.
Komentar
Posting Komentar